7 Hal Positif Tentang Hobi Travelling

7 Hal Positif Tentang Hobi Travelling

Jaman sekarang hampir semua orang mengaku hobinya travelling. Sayangnya mereka yang mengaku-ngaku hobi jalanini hanya sekedar jalan mengunggah foto ke sosial media tanpa bisa mengambil hikmah dari perjalanan yang dilakukan. Padahal kalau kita mau meresapi banyaaaak banget hal positif yang bisa kita ambil dari setiap perjalanan.

Selain menyenangkan dan bisa upload foto disosial media, hobi yang menyenangkan ini juga banyak manfaatnya lho…

“Happy is the man who is living by his hobby” Kalimat singkat yang sangat mengena dari  George Benard Shaw selalu menjadi penyemangat untuk tetap konsisten piknik meskipun hanya ke situ-situ aja J

Manusia mana yang nggak bahagia kalau bisa menyalurkan hobinya sekaligus hobi yang menghasilkan. Iyess bergabung dengan Teman Sehati bisa juga ngerasain penghasilan yang mengasyikan.

7 Hal Positif yang Bisa Kamu Dapatkan dari Hobi Travelling

  1. Stress Release

Sehari – hari hidup kita disibukan dengan pekerjaan dikantor dan rumah tangga, manusiawi banget kan ya kalau merasa jenuh dan stress. Penat duduk depan laptop seharian jadi pengen lihat dunia yang penuh warna. Kalau udah stress gini maka Cuma satu obat  yang efektif yaitu travelling.

Nggak peduli tujuannya kemana, bahkan yang deket sekalipun. Selama bisa melihat  bumi Allah  yang indah, hati ini pun otomatis jadi lebih ringan  dan bahagia. Next time Sobat merasakan jenuh dan stress coba piknik deh, dijamin stress terhempas dengan sukses.

  1. Menambah Wawasan

Keluar dari zona nyaman pasti lah kita akan dihadapkan pada tantangan. Dari pengalaman yang kita dapatkan selama traveling inilah akan terbuka mata dan wawasan kita. Kita tumbuh jadi manusia yang lebih toleran dan menghargai perbedaan yang ada di dunia. Kita belajar bahwa di belahan bumi yang lain ada banyak tempat indah dengan kebudayaannya yang beragam.

Selama traveling kita bisa sekaligus belajar bahasa baru, merasakan makanan yang baru, ketemu orang baru, seru lah pokoknya. Dan yang paling penting setiap perjalanan yang kita lakukan harusnya makin mendekatkan kita pada Allah, tumbuh rasa syukur dan cinta pada Sang pencipta dan ciptaanNya yang tiada cela.

  1. Mempererat Hubungan

In my case, traveling selalu jadi agenda yang asyik buat bonding sama keluarga. Ketika traveling bareng keluarga kita akan masuk ke dunia yang beda dengan keseharian kita di rumah. Di sinilah biasanya kesabaran dan cara berkomunikasi kita diuji. Sebesar apa kesabaran kita ketika menghadapi anak – anak yang cranky saat traveling, gimana kita mengkomunikasikan perasaan dan apa yang kita mau sama pasangan, bahkan gimana cara mengatur agenda perjalanan dengan kemauan anak -anak. Semua ada seninya lho Sahabats dan semua tindakan yang kita ambil bahkan tidak kita ambil pun bisa jadi peluang untuk mengeratkan cinta dan kasih sayang antar anggota keluarga. Sebagai orangtua kita punya kesempatan mengoleksi memori sebanyak mungkin saat traveling bersama anak. Bikin aktivitas seru yang nggak terlupakan dan insyaallah akan jadi kenangan yang nggak akan terlupakan bagi mereka.

  1. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Masih nyambung sama poin di atas ya Sahabats. Keluar dari zona nyaman kita pun ditutut untuk menyesuaikan diri dengan adat dan kebudayaan setempat. Langsung maupun tidak langsung keterampilan sosial kita diuji banget. Orang Indonesia yang terkenal jam ngaret dan nggak disiplin ketika keluar negeri harus bisa adaptasi. Hal paling sederhana aja belajar on time sama jadwal transportasi umum, disiplin ngantri. Selain itu cara kita berlomunikasi terutama dengan orang yang baru kita kenal juga diuji saat traveling. Semua ilmu yang bermanfaat ini bisa banget kita dapatkan kalau kita mau belajar dan nggal hanya sekedar jadi turis yang datang, foto, pergi. Tanpa kesan, whatsoever.

Ada juga pengalaman naik gunung bawa balita yang ternyata menginspirasi beberapa emak lainnya untuk mengikuti hal yang sama. Berbagi itu hal yang sangat simple dan sangat mudah untuk dilakukan tapi ternyata sangat besar manfaatnya.

  1. Makin Mencintai dan Menghargai Alam

Semenjak hobi traveling mataku terbuka bahwa ternyata Indonesia memang secantik ini dan sayangnya seringkali kita sebagai warga negara Indonesia melupakan bahkan nggak paham akan keindahan Indonesia. Siapa lagi yang bisa mencintai Indonesia setulus hati kalau bukan kita? Siapa yang wajib menjaga keindahan dan kekayaan Indonesia kalau bukan kita?

Semakin jauh kaki kita melangkah semestinya semakin banyak ilmu dan pembelajaran yang bisa kita ambil. Salah satunya adalah menjadi lebih peka dan menghargai alam. Apa yang bisa kita nikmati hari ini atau selama perjalanan adalah dari alam. Bayangkan kalau keindahan alam rusak karena tangah jahil manusia? Kita juga yang merasakan ruginya. So kalau mau jadi traveler sejati, yuk pegang teguh kode etik pecinta alam’ ‘Take nothing but pictures, Leave nothing but foot print, Kill nothing but time.”

6.       Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Aku ngalamin banget nih Sahabats. Dulu aku termasuk manusia dengan tingkat pede yang rendah tapi semenjak rajin traveling alhamdhulilah berubah jadi lebih pede. Bukan karena bisa pamer foto di sosmed ya, tapi karena begitu banyak pembelajaran dan ibrah yang bisa aku ambil selama traveling. Pade karena punya wawasan baru, ilmu baru, ketemu budaya baru, belajar cara berkomunikasi dengan lebih baik, bisa lebih menghargai perbedaan, belajar jadi mengendalikan emosi dan lebih sabar. But most importantly, jadi hamba Allah yang makin banyak bersyukur.

Masih banyak lagi manfaat traveling yang bisa kita rasakan termasuk diantaranya bisa berbagi pengalaman dan informasi seputar tempat wisata. Traveling memang butuh biaya, tapi yakin deh kalau pengalaman dan pembelajaran yang kita dapatkan dari perjalanan itu jauh lebih besar, bahkan nggak bisa dihitung nominalnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.